.

 
Mesin Pencari


Sisi Lain


Catatan bukan Cacatan

Hubungi Temangsang
My status
Sssstttt.....


Halaman ini telah dibuka sebanyak:
Counter
Prosentase Pengunjung
Data Pengunjung
IP Address Anda


Selamat Jalan Mahaguru.....
Kamis, Maret 08, 2007

Masih ingat dalam benakku, di suatu hari Minggu pagi pada bulan Mei tahun 2005 silam (tanggal persisnya aku dah lupa); di sebuah ruang tamu rumah dinas staf menteri di pasar minggu, aku ngobrol santai dengan Prof. Dr. Koesnadi Hardjasoemantri, SH., ML. Waktu itu memang hari libur, namun tidak bagiku, demikian juga dengan Prof. Koesnadi yang selalu sibuk dengan hari-harinya.
Siang hari sebelumnya, dari Jogja aku naik Adam Air dan tiba di Cengkareng satu jam sesudahnya. Begitu tiba, aku langsung telp beliau dan memastikan paginya aku dapat menghadap beliau. Agak susah memang mencari perumahan departemen pendidikan nasional di pasar minggu itu. Bayanganku pada suatu komplek perumahan yang megah dengan taman tertata rapi haruslah sirna seketika. Ternyata perumahan para pejabat pusat itu tidak banyak bedanya dengan perumahan penduduk biasa di kebanyakan kota lainnya.
Hati-hati memasuki gerbang perumahan, satpam sempat menghentikan mobil X-Trail yang aku kendarai, setelah basa-basi dan menjelaskan maksudku, satpam itu langsung mempersilahkan aku masuk setelah menunjukkan sebuah rumah yang ditempati Prof. Koesnadi.
Sambil berbicara santai dan menyantap hidangan roti serta secangkir teh manis, kami ngobrol banyak seputar masalah pembalakan hutan, penegakan hukum, sampai pada konsep penegakan keadilan yang dapat ditawarkan pada pemerintah. Memang, Prof. Koesnadi waktu itu bertugas sebagai dosen pembimbing aku dalam penyusunan karya ilmiah hukum lingkungan yang diampu beliau. Agak berbeda situasinya, saat aku awalnya merasa canggung untuk menghadap, dan ternyata sambutan yang aku terima lain dari yang aku bayangkan. Sungguh sosok yang sangat sederhana dengan kharisma yang jelas melekat di wajahnya.

Semua itu ternyata sebuah kenangan yang sangat manis bagi aku. Sampai aku tidak dapat membayangkan jika suatu ketika aku mendapati berita kecelakaan yang menimpa sebuah pesawat Garuda Indonesia yang membawa beliau, sekaligus merenggut nyawa beliau di antara ratusan penumpang lainnya.
Hanya untaian kalimat do'a yang bisa aku panjatkan, semoga semua amal ibadah beliau, merupakan bekal yang cukup bagi beliau untuk melanjutkan proses kehidupan di dunia yang berbeda.
Selamat jalan Prof. Koesnadi Hardjasoemantari, SH., ML. Selamat jalan sang Mahaguru......
ditulis oleh: Sang Fajar @ 3/08/2007 01:55:00 AM  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
Tentang Aku
Name: Sang Fajar
Home: Bojonegoro, Yogya, Papua, Jatim - DIY - Papua, Indonesia
About Me: Bagi mereka yang merasa berjasa, aku hanyalah sampah. Bagi mereka yang merasa intelek, aku hanyalah pembual. Bagi mereka yang merasa suci, aku hanyalah kotoran. Bagi mereka yang merasa terhormat, aku tak lebihnya seperti orang jalanan. Bagi mereka yang merasa pernah mengenalku, aku sepertinya sudah tak ada. Namun diantara semua anggapan yang pernah ada, semua tentang aku ada karena anggapan-anggapan yang pernah ada......
Data Lengkap

Tulisan Terdahulu
Arsip
Links
Facebook


© . Presented by Fajar Ari Setiawan