.

 
Mesin Pencari


Sisi Lain


Catatan bukan Cacatan

Hubungi Temangsang
My status
Sssstttt.....


Halaman ini telah dibuka sebanyak:
Counter
Prosentase Pengunjung
Data Pengunjung
IP Address Anda


Degradasi Hutan di Indonesia Parah
Sabtu, Maret 17, 2007
Organisasi kampanye lingkungan hidup Greenpeace Indonesia melakukan aksi agar degradasi hutan Indonesia masuk dalam catatan Guinness Book of Record di depan Tugu Proklamasi, Jumat (16/3).
Sejumlah aktivis melakukan aksi penebangan papan tripleks bergambar beberapa pohon, sebagai simbol penebangan hutan di Indonesia. Acara tersebut mendapat perhatian para pejalan kaki, termasuk anggota DPD DKI Jakarta Sarwono Kusumaatmadja.
Upaya yang dilakukan Greenpeace itu untuk membuka mata pemerintah bahwa penebangan hutan tropis di Indonesia tak terkendali. Mengutip laporan Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) pada 2007, angka deforestasi Indonesia periode 2000-2005 mencapai 1,8 juta hektare per tahun, di bawah Brasil yang berada di posisi teratas dengan laju deforestasi 3,1 juta hektare per tahun.
Namun karena total luasan hutan Indonesia lebih kecil daripada Brasil, laju deforestasi Indonesia jauh lebih besar, kata Hapsoro, salah seorang penggiat Greenpeace.
Menyikapi aksi Greenpeace itu, Menteri Kehutanan (Menhut) MS Kaban mengatakan pesan Greenpeace itu sebagai peringatan saja.
Ya kita jadikan warning saja, ujarnya saat ditanya wartawan di kantor Wapres, Jumat.
Menhut juga membantah dan mempertanyakan konsistensi pihak Greenpeace dalam melakukan riset tersebut. Seharusnya, katanya, Greenpeace tidak hanya memprotes Indonesia. Sebaliknya harus bertindak tegas dan memojokkan negara-negara yang menerima kayu ilegal dari Indonesia.
Ada banyak, seperti Malaysia dan lainnya, ujarnya.
Kaban menambahkan, Indonesia telah melakukan program-program perbaikan dan penanaman hutan kembali. Itu sebabnya, Menhut justru mempertanyakan akurasi data Greenpeace.
Itu data kapan? Data tahun berapa? Dengan adanya operasi kayu ilegal dan lainnya, saya kira sudah jauh lebih baik, bantahnya.
Fakta lainnya, berdasarkan kajian Bank Dunia, Indonesia telah mengelola hutannya dengan baik. Apalagi ada komitmen dari negara Uni Eropa dan Amerika Serikat yang bekerja sama memberantas pembalakan liar.
Sumber: koran indonesia
ditulis oleh: Sang Fajar @ 3/17/2007 01:56:00 AM  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
Tentang Aku
Name: Sang Fajar
Home: Bojonegoro, Yogya, Papua, Jatim - DIY - Papua, Indonesia
About Me: Bagi mereka yang merasa berjasa, aku hanyalah sampah. Bagi mereka yang merasa intelek, aku hanyalah pembual. Bagi mereka yang merasa suci, aku hanyalah kotoran. Bagi mereka yang merasa terhormat, aku tak lebihnya seperti orang jalanan. Bagi mereka yang merasa pernah mengenalku, aku sepertinya sudah tak ada. Namun diantara semua anggapan yang pernah ada, semua tentang aku ada karena anggapan-anggapan yang pernah ada......
Data Lengkap

Tulisan Terdahulu
Arsip
Links
Facebook


© . Presented by Fajar Ari Setiawan